Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV SDN Gempoltukmloko

Habibah, Imro'atul (2024) Analisis Kesulitan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IV SDN Gempoltukmloko. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. Halaman Pernyataan Keaslian.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (52kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. Halaman Judul.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas IV SDN Gempoltukmloko Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga instrumen penelitian, diantaranya observasi pembelajaran menulis karangan deskripsi, wawancara guru kelas, dan juga angket peserta didik. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, Display data, dan Penarikan Kesimpulan. Yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh kelas iv SDN Gempoltukmloko dan juga guru kelas iv SDN Gempoltukmloko. Berdasarkan hasil analisis yang ditelah dilakukan, peneliti menemukan jawaban dari rumusan masalah penelitian ini yaitu tentang kesulitan menulis karangan deskripsi dan juga hambatannya. Dari 15 peserta didik terdapat 80% dari peserta didik yang masih kesulitan dalam menulis karangan deskripsi. Kesulitan yang paling banyak dialami peserta didik yaitu dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Terdapat 12 dari 15 peserta didik yang kesulitan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesulitan lain yang dialami peserta didik yaitu dalam penyusunan kalimat dan mencari ide/gagasan. Guru kelas iv mengakui peserta didik juga kesulitan dalam penggunaan tanda baca dan juga paragraf. Hambatan yang dialami dalam kesulitan menulis karangan deskripsi ditersebut yaitu karena penggunaan bahasa dalam keseharian peserta didik. Sehingga dalam proses pembelajaran pun peserta didik tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan deskripsi, penggunaan bahasa
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Imro'atul Habibah
Date Deposited: 14 May 2024 03:09
Last Modified: 14 May 2024 03:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10067

Actions (login required)

View Item View Item