Achsan, Muhamad Ilham (2024) Strategi Usaha Warung Kopi “Warkam” Di Gresik Berbasis Soar : Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
lembar persetujuan skripsi.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan skripsi.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
lembar persetujuan publikasi kasrya ilmiah.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman JudulL.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (425kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustakaa.pdf Download (692kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (586kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi usaha warung kopi "WARKAM" di Gresik berbasis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results) dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif. WARKAM, yang didirikan pada tahun 2019 oleh Ega Assegaf dan berlokasi di Pelabuhan Gresik, telah menerapkan strategi bisnis yang fokus pada kekuatan internal dan peluang eksternal, serta aspirasi dan hasil yang ingin dicapai. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman dan persepsi para pelaku usaha dan pelanggan WARKAM melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WARKAM memiliki beberapa keunggulan utama seperti lokasi yang strategis, harga kopi yang terjangkau, konsep interior yang menarik, dan komunitas pelanggan yang kuat. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan ruang tempat duduk dan persaingan ketat di industri kuliner. Melalui analisis SOAR, WARKAM dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan inovasi serta menetapkan aspirasi yang jelas untuk masa depan bisnis. Strategi yang diterapkan mencakup pengembangan menu dan lokasi baru, peningkatan layanan pelanggan, dan kolaborasi dengan petani kopi lokal. Selain itu, penggunaan media sosial dan program loyalitas pelanggan diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan memperkuat posisi kompetitif WARKAM di pasar lokal, menjadikannya destinasi utama bagi pecinta kopi di Gresik. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi bagi bisnis sejenis untuk mengoptimalkan potensi dan menghadapi persaingan di industri kuliner dengan pendekatan SOAR.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SOAR, Strategi, dan Keunggulan Kompetitif. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | Muhamad Ilham Achsan |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |