Strategi Usaha Warung Kopi “Warkam” Di Gresik Berbasis Soar : Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Achsan, Muhamad Ilham (2024) Strategi Usaha Warung Kopi “Warkam” Di Gresik Berbasis Soar : Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan publikasi kasrya ilmiah.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman JudulL.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi usaha warung kopi "WARKAM" di Gresik berbasis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results) dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif. WARKAM, yang didirikan pada tahun 2019 oleh Ega Assegaf dan berlokasi di Pelabuhan Gresik, telah menerapkan strategi bisnis yang fokus pada kekuatan internal dan peluang eksternal, serta aspirasi dan hasil yang ingin dicapai. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman dan persepsi para pelaku usaha dan pelanggan WARKAM melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WARKAM memiliki beberapa keunggulan utama seperti lokasi yang strategis, harga kopi yang terjangkau, konsep interior yang menarik, dan komunitas pelanggan yang kuat. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan ruang tempat duduk dan persaingan ketat di industri kuliner. Melalui analisis SOAR, WARKAM dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan inovasi serta menetapkan aspirasi yang jelas untuk masa depan bisnis. Strategi yang diterapkan mencakup pengembangan menu dan lokasi baru, peningkatan layanan pelanggan, dan kolaborasi dengan petani kopi lokal. Selain itu, penggunaan media sosial dan program loyalitas pelanggan diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan memperkuat posisi kompetitif WARKAM di pasar lokal, menjadikannya destinasi utama bagi pecinta kopi di Gresik. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi bagi bisnis sejenis untuk mengoptimalkan potensi dan menghadapi persaingan di industri kuliner dengan pendekatan SOAR.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis SOAR, Strategi, dan Keunggulan Kompetitif.
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Muhamad Ilham Achsan
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:10
Last Modified: 04 Aug 2025 03:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item