INOVASI LAYANAN BARU DENGAN DESIGN THINKING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN BANK TRADISIONAL

Haulika, Anggita Nurma (2023) INOVASI LAYANAN BARU DENGAN DESIGN THINKING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN BANK TRADISIONAL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 1.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 3.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 5.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2019_TA_KWU_190304020_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pricewaterhousecooper (PWC) merilis laporan yang mengagetkan dunia perbankan yaitu “bank tradisional tidak dapat bertahan pada tahun 2025”. Disadari atau tidaknya saat ini para milenial atau gen z sedang marak menggunakan financial teknologi atau fintech yang mulai mengambil peran dari bank tradisional. Perkembang teknologi, e-commerce, sosial media dan internet yang mengakibatkan perubahan yang cukup besar dan cepat. Bank tradisional harus melakukan inovasi layanan baru agar dapat mempertahankan loyalitas dari pelanggan atau nasabah bank. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi layanan baru pada bank, inovasi ini sebagai respon dan Tindakan bank terhadap kompetitor pada dunia perbankan. Pendekatan inovasi ini dilakukan menggunakan metode design thinking dan penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini melibatkan 6 orang anggota tim dari Bank Jabar Banten Syariah yang prosesnya didampingi oleh 1 orang fasilitator dan 1 orang narasumber ahli Design Thinking. Hasil penelitian ini memberikan sebuah gambaran proses inovasi dari proses empathy, define, ideate, prototype hingga proses test yang menghasilkan inovasi layanan baru pada bank. Inovasi layanan “Cicilan Emas for Study”, Program layanan untuk membantu orang tua dengan anak usia SD-SMA mudah untuk konsisten dalam alokasikan dana pendidikan setiap bulan melalui fitur auto debet . Pelaksanaan inovasi dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dan bantuan aplikasi miro dalam berbagi papan kerja kolaborasi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Tradisional, Inovasi, Design Thinking
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Anggita Nurma Haulika
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:37
Last Modified: 10 Jul 2023 03:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8226

Actions (login required)

View Item View Item