Haulika, Anggita Nurma (2023) INOVASI LAYANAN BARU DENGAN DESIGN THINKING SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN BANK TRADISIONAL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 1.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 3.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_BAB 5.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
2019_TA_KWU_190304020_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pricewaterhousecooper (PWC) merilis laporan yang mengagetkan dunia perbankan yaitu “bank tradisional tidak dapat bertahan pada tahun 2025”. Disadari atau tidaknya saat ini para milenial atau gen z sedang marak menggunakan financial teknologi atau fintech yang mulai mengambil peran dari bank tradisional. Perkembang teknologi, e-commerce, sosial media dan internet yang mengakibatkan perubahan yang cukup besar dan cepat. Bank tradisional harus melakukan inovasi layanan baru agar dapat mempertahankan loyalitas dari pelanggan atau nasabah bank. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi layanan baru pada bank, inovasi ini sebagai respon dan Tindakan bank terhadap kompetitor pada dunia perbankan. Pendekatan inovasi ini dilakukan menggunakan metode design thinking dan penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini melibatkan 6 orang anggota tim dari Bank Jabar Banten Syariah yang prosesnya didampingi oleh 1 orang fasilitator dan 1 orang narasumber ahli Design Thinking. Hasil penelitian ini memberikan sebuah gambaran proses inovasi dari proses empathy, define, ideate, prototype hingga proses test yang menghasilkan inovasi layanan baru pada bank. Inovasi layanan “Cicilan Emas for Study”, Program layanan untuk membantu orang tua dengan anak usia SD-SMA mudah untuk konsisten dalam alokasikan dana pendidikan setiap bulan melalui fitur auto debet . Pelaksanaan inovasi dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dan bantuan aplikasi miro dalam berbagi papan kerja kolaborasi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bank Tradisional, Inovasi, Design Thinking |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | Anggita Nurma Haulika |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:37 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8226 |
Actions (login required)
View Item |